Tips Cerdas Menjaga Kesehatan Tubuh Untuk Melawan Pandemi Corona

Sejak awal tahun 2020, masyarakat dunia digemparkan dengan keberadaan virus baru bernama Covid 19. Dibalik kericuhan pandemi virus mematikan, manusia kembali disadarkan begitu pentingnya menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Bagaimana agar tubuh siap melawan virus jahat tersebut ? Berikut tips cerdas agar tubuh siap melawan corona dan berbagai penyakit lainnya.

Beberapa Tips Simpel Agar Tubuh Tetap Sehat

  1. Hindari Menyentuh Muka Ketika Tangan Kotor

Sebagian orang tentu saja memiliki kebiasaan aneh seperti menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan hingga detik ini, tampaknya perlu mempertimbangkannya kembali. Pasalnya, tangan yang masih kotor dianggap sebagai tempat bersarangnya bakteri dan virus. Bayangkan saja jika tangan tersebut menyentuh daerah yang sensitif seperti mata ataupun mulut, semua virus jahat akan masuk ke tubuh.

  1. Rajin Mencuci Tangan

Sebenarnya anjuran mencuci tangan sudah sering digemparkan di berbagai penjuru. Jika dahulu masih banyak orang yang menyepelekan informasi tersebut, kehadiran pandemik tak terduga ini justru membalikkan keadaan. Pasalnya aktifitas sederhana ini mendatangkan segudang manfaat, salah satunya adalah menjaga kesehatan tubuh. Bahkan WHO menyarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebagai solusinya.

  1. Lebih Waspada dan Mencari Informasi Akurat

Masih menjadi berita hangat diperbincangkan di seluruh penjuru dunia, tak jarang mendatangkan perasaan was was dan panik berlebih. Sebagai masyarakat yang cerdas, penting untuk tetap waspada namun jangan panik berlebihan. Jika memungkinkan, gali informasi lebih dalam mengenai virus tersebut. Sebagai tambahannya, jangan lupa untuk memastikan jika semua informasi akurat dan berasal dari sumber terpercaya.

  1. Mempertimbangkan Kembali Rencana Berlibur

Liburan selalu menjadi momen yang ditunggu, namun impian tersebut haruslah ditunda sementara selama pandemik terus berlangsung. Terutama bagi anda yang hendak bertolak ke negara tetangga, ada baiknya pertimbangkan kembali keputusan tersebut demi menjaga kesehatan tubuh serta keselamatan diri. Apa saja yang harus dipertimbangkan ketika hendak bepergian ke sautu negara di tengah maraknya wabah ?

Cobalah pertimbangkan kembali mengenai kondisi keselamatan serta keamanan setempat, persyaratan keluar masuk di negara yang bersangkutan, berbagai daerah yang perlu dihindari, cara menghindari, dan tentu saja mencari tahu bahayanya virus tersebut bagi kesehatan sekaligus cara penyebarannya. Jika masih ragu, ada baiknya mencari informasi mengenai negara yang akan dikunjungi dalam menangani virus satu ini.

  1. Tidak Memaksakan Diri Pergi Ke Kantor

Adanya tugas yang harus segera diselesaikan, seringkali menjadi alasan utama seseorang tetap memaksakan diri untuk hadir ke kantor. Padahal kondisi tubuh yang kurang fit, justru membahayakan diri sendiri sekaligus orang lain yang berada di sekitarnya. Bahkan ada kemungkinan daya tahan tubuh menjadi kurang stabil, sekaligus menularkan penyakit tersebut kepada orang lain yang berada dekat dengan anda.

Sebagian perkantoran telah menerapkan WFH atau Work From Home sebagai solusinya, namun ada sebagian kantor lainnya yang tidak dapat menerapkan hal tersebut. Jika kantor anda termasuk yang tidak menerapkan sistem tersebut, cobalah untuk meminta izin tidak masuk hingga kondisi tubuh kembali pulih. Permintaan izin sementara ini, tentu saja perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dari virus mematikan.

Sebagai virus yang telah memakan korban jiwa dalam jumlah besar, wajar saja jika masyarakat mulai panik mengingat jumlah orang yang terkena semakin membludak. Daripada hanya panik, tidak ada salahnya menerapkan gaya hidup sehat demi menangkal penyebaran virus. Diharapkan kebiasaan baik ini akan terus dilakukan, meski virus Covid 19 telah sirna dari muka bumi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp