Kenali Cara Menggunakan Masker Kain Untuk Mencegah Virus Corona

Kemunculan virus Covid 19 berhasil menimbulkan sejumlah kericuhan di seluruh dunia. Di tengah pandemik berlangsung, terdengar berita miris terkait dengan stok alat pelindung diri seperti masker yang kian menipis. Pada situasi genting tersebut, masyarakat pun menjadikan masker yang terbuat dari kain sebagai solusi perlindungan diri. Berikut cara menggunakan masker kain agar memberikan perlindungan efektif.

Cara Mudah Menggunakan Masker Dari Kain

Keterbatasan adanya masker bedah dan masker N95, masyarakat pun menjadikan masker dari kain sebagai pilihan terakhirnya untuk melindungi diri dari paparan virus mematikan. Meski tidak setangguh dari jenis masker lainnya, setidaknya masker ini dianggap dapat memberikan perlindungan daripada tidak mengenakan pelindung sama sekali. Dengan mengenakannya, rasa panik pun dapat sedikit diredam.

Apa yang membuat masker yang terbuat dari kain tidak terlalu dianjurkan ? Pasalnya masker ini bukan termasuk peralatan medis. Dengan kata lain, masker tersebut belum diuji apakah sesuai dengan standar medis yang sudah diakui dunia. Bahkan ujung masker cenderung longgar dan tidak terlalu bisa mengutupi seluruh area wajah dengan sempurna. Meski demikian, masker satu ini bisa menjadi alternatif untuk melindungi diri.

Pertanyaan cerdas pun timbul di pikiran, seperti bagaimana cara menggunakan masker kain agar bekerja efektif ? Ada beberapa tips yang bisa diterapkan seperti memilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah, pastikan beberapa bagian wajah tertutup sempurna, cuci tangan sebelum mengenakan masker, hindari keinginan untuk menyentuh masker, segera ganti masker apabila sudah rusak dan mencucinya hingga bersih.

Cara menggunakan masker juga tak kalah penting untuk diperhatikan, agar mampu memberikan perlindungan maksimal. Seperti yang dikatakan sebelumnya, penting untuk mencuci tangan sebelum menyentuh ataupun mengenakan masker di wajah. Setelah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, silahkan kenakan masker wajah dengan cara menyelipkan talinya ke bagian telinga belakang.

Umumnya masker khusus wanita berjilbab ditambahkan beberapa tali yang harus diikatkan. Cara menggunakan masker kain agar tidak mudah lepas ataupun longgar, yaitu eratkan ikat masker pada bagian belakang kepala. Apabila merasa kurang nyaman karena masker terasa longgar ataupun sering bergeser, dianjurkan untuk mencuci tangan hingga bersih sebelum berani menyentuh masker tersebut.

Selain menggunakan, ternyata cara melepaskan masker tak kalah penting untuk diketahui. Ketika ingin melepaskan masker, cobalah untuk membuka bagian tali pengikatnya terlebih dahulu yang berada di bagian belakang kepala. Jika memungkinkan, jangan sentuh bagian masker utamanya mengingat fungsinya sebagai penyaringan udara. Untuk menghilangkan virusnya, segera cuci masker tersebut menggunakan air panas dan tambahkan deterjen.

Tips Melakukan Pencegahan Terkena Virus Corona

Menggunakan masker sebagai pelindung memang penting dilakukan, namun jangan lupa bahwa ada langkah pencegahan lain yang tak kalah penting untuk dilakukan. Langkah pencegahan tersebut terdiri dari mencuci tangan secara rutin, menghindari menyentuh area mulut, hidung, dan juga area mata, menutup bagian hidung dan mulut dikala batuk maupun bersin, membuang sisa tisu ke dalam tempat yang tertutup, dan terapkan physical distancing.

Kenapa penerapan physical distancing begitu penting ? Sebab cara ini dikatakan cukup ampuh meminimalisir terpapar virus corona. Selama menerapkan sistem tersebut, anda masih bila melakukan berbagai aktifitas harian seperti bekerja ataupun pergi berbelanja demi mencukupi kebutuhan harian. Sebagai perlindungan diri, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat serta mengetahui cara menggunakan masker kain tepat.

Masker respirator N95 disebut sebagai masket ideal untuk mencegah penyebaran infeksi corona. Sayangnya  stok masker tersebut terus menipis dan dijual dengan harga tinggi. Sebagai solusinya, masyarakat pun menggunakan masker dari kain sebagai upaya melindungi dirinya. Meski belum ditemukan adanya penelitian yang membuktikan masker ini dapat meminimalisir terkena virus, bukan berarti tidak layak dikenakan sama sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp