Cek Disini Efek Samping Terlalu Sering Memakai Hand Sanitizer

Di tengah masifnya persebaran virus corona, maka salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Selain itu, cara praktis lain yang bisa anda lakukan sebagai solusi pengganti cuci tangan dengan sabun adalah menggunakan hand sanitizer. Tapi tahukah anda resiko dan efek samping jika terlalu sering memakai pembersih tangan antiseptik satu ini? Berikut simak ulasan selengkapnya.

Risiko Yang Akan Terjadi Jika Terlalu Sering Memakai Pembersih Tangan Antiseptik

  1. Mengandung Bahan Kimia Yang Berbahaya

Ketika anda memakai gel pembersih tangan antiseptik ini maka anda pun nantinya akan bisa mencium bau yang menyengat seperti kimia. Pewangi yang terdapat pada gel pembersih ini merupakan wangi yang didapatkan dari senyawa kimia sintetis yang sering kali disebut dengan phtalate. Dimana merupakan cairan tidak berbau sebagai agen pelarut yang baik dan juga murah untuk parfum.

Ternyata, cairan yang membantu untuk melarutkan minyak wangi dalam semprotan parfum, krim mandi dan juga hand sanitizer ini ternyata terkait dengan berbagai macam gangguan untuk tubuh anda. Mulai dari adanya toksisitas perkembangan janin dan juga sistem reproduksi, gangguan endokrin, penurunan motilitas gerak dan juga konsentasi jumlah sperma hingga menyebabkan alergi, asma dan juga kanker.

  1. Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh

Selain itu, ketika anda terlalu sering untuk menggunakan pembersih tangan antiseptik yang memiliki kandungan triklosan maupun triclocarbon yang bisa untuk menurunkan kekebalan tubuh anda terhadap penyakit dengan cara membunuh bakteri baik. Bakteri baik disini nantinya akan berperan untuk memerangi bakteri jahat yang akan masuk ke dalam tubuh. Apabila sistem imun menjadi lemah, maka nantinya anda pun akan lebih mudah untuk terserang infeksi.

Untuk itu, dengan menggunakan hand sanitizer yang mengandung bahan bahan kimia tersebut dalam jangka panjang, maka nantinya akan bisa menyebabkan gangguan pada fungsi otot kerangka maupun jantung. Selain itu, dampak dari penggunaan permbersih tangan yang memiliki kandungan tersebut tidaklah langsung terasa. Melainkan jika menggunakannya secara rutin dalam waktu tiga hingga lima tahun maka nantinya akan bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

  1. Tubuh Akan Menjadi Kebal Dengan Antibiotik

Risiko lainnya yang mungkin akan terjadi jika anda terlalu sering menggunakan pembersih tangan antiseptik adalah nantinya tubuh anda pun akan menjadi kebal dengan antibiotik. Pada dasarnya antiobiotik merupakan kandungan yang efektif untuk melawan bakteri. Namun, adanya kandungan triclosan yang terdapat di dalam gel pembersih tangan yang berfungsi sebagai antribakteri ini ternyata dipercaya oleh pakar medis mampu berperan untuk membuat bakteri menjadi kebal dengan antibiotik.

Sehingga anda sebaiknya tidak terlalu sering untuk menggunakan hand sanitizer dan lebih sering untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebagai upaya untuk memutus rantai persebaran virus corona ini. Atau sebagai penggantinya anda bisa juga dengan meracik sendiri pembersih tangan yang menggunakan bahan bahan alami yang tentu saja akan lebih aman untuk digunakan.

Dimana anda bisa dengan menggunakan minyak esensial murni, atau minyak yang terdapat pada daun teh atau tea tree oil.  Pasalnya minyak tersebut akan secara alami memiliki sifat antibakteri serta antivirus dan juga antijamur. Sehingga hal ini pun dapat menjadi salah satu hal yang efektif untuk menggantikan bahan bahan kimia yang biasa digunakan untuk membuat pembersih tangan antiseptik. Namun, anda pun juga perlu untuk tetap mencuci tangan dengan sabun kurang lebih selama 20 detik.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp