Cara Membuat Hand Sanitizer Dengan Bahan Alami

Penyebaran virus corona yanga hampir terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia pastinya akan membuat anda menjadi khawatir. Beberapa cara pun bisa anda lakukan untuk memutus rantai persevaran, salah satunya yakni dengan rajin mencuci tangan ataupun dengan menggunakan hand sanitizer. Namun, dengan banyaknya permintaan pasar maka pembersih tangan antiseptik ini pun mulai sulit didapatkan. Kali ini akan diulas tentang bagaimana cara membuatnya dengan bahan alami.

Beberapa Cara Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Membuat Pembersih Tangan Antiseptik

  1. Dengan Menggunakan Cuka Putih

Cara pertama yang bisa untuk anda lakukan adalah dengan menggunakan cuka putih yang biasa ditemukan di dapur. Selain sebagai bahan penyedap rasa pada makanan, cuka putih ini ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan pembersih tangan antiseptik dengan bahan yang alami. Hal ini dikarenakan ketika kulit sedang luka dan tidak ada alkohol untuk membersihkannya, maka cuka putih ini bisa anda gunakan karena memiliki konsentrasi asam yang tinggi.

Untuk itu, hal ini pun dapat mengatasi masalah kulit yang anda hadapi seperti infeksi dari bakteri dan kuman. Sehingga bagi anda yang ingin untuk membuat hand sanitizer dengan bahan satu ini, maka anda pun bisa menyiapkan botol spray yang memiliki ukuran sedang. Kemudian, anda pun bisa mencampurkan cuka dengan menggunakan sedikit air dan simpanlah di dalam kulkas agar bisa menjaga kualitas dari pembersih tangan antiseptik alami ini.

  1. Dengan Menggunakan Lidah Buaya dan Minyak Esensial

Selain itu, anda pun juga bisa menggunakan bahan yakni lidah buaya dan juga minyak esensial. Cara ini merupakan cara termudah yang bisa untuk anda lakukan di rumah. Dimana anda bisa langsung untuk mencampurkan kandungan lidah buaya dan juga alkohol, sehingga anda pun akan bisa langsung untuk menggunakan pembersih tangan antiseptik ini.

Tak hanya itu saja, di dalam pembuatan hand sanitizer ini maka anda juga perlu untuk menggunakan alkohol yang memiliki kandungan sesuai dengan yang dianjurkan dalam pembuatan pembersih tangan antiseptik ini. Sehingga nantinya akan efektif membunuh kuman pada tangan. Selanjutnya, anda pun bisa menambahkan minyak esensial lavender sesuai dengan selera anda sehingga memiliki bau yang lebih wangi.

  1. Dengan Menggunakan Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Anda juga bisa menggunakan daun sirih dan kulit rambutan untuk membuat pembersih tangan antiseptik. Pembuatannya pun cukup mudah dimana anda hanya perlu untuk menyiapkan daun sirih dan juga kulit rambutan yang direbus. Hal ini bertujuan agar nantinya anda bisa mendapatkan ekstraknya. Dengan menggunakan daun sirih, maka hal ini pun dapat bersifat sebagai antiseptik. Sedangkan kulit rambutan dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Selain dengan menggunakan kulit rambutan, maka anda pun juga bisa dengan menggunakan kulit manggis karena memiliki khasiat yang serupa. Kemudian, campurkan keduanya ke dalam botol spray sesuai dengan selera anda. Untuk perbandingannya sendiri adalah 1 : 1. Setelah itu, hand sanitizer dengan bahan alami ini bisa anda tambahkan beberapa tetes minyak zaitun sehingga akan membuat kulit terasa lembut.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat pembersih tangan antiseptik sendiri. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang kesulitan untuk mencari pembersih tangan saat pandemi virus corona ini. Penggunaan bahan yang alami tersebut tentunya akan lebih aman jika digunakan. Selain itu, anda pun perlu untuk menerapkan social distancing yang berguna untuk mencegah penyebaran virus corona yang ada di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp