3 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi virus corona ini, maka pemerintah pun menghimbau untuk melakukan karantina mandiri serta physical distancing untuk menekan penyebaran virus satu ini. Namun, dengan adanya kedua hal tersebut tak menutup kemungkingan akan memiliki dampak yang negatif terhadap keadaan mental seseorang. Untuk itu, di dalam ulasan kali ini akan dibahas beberapa cara menjaga kesehatan mental anak di tengah pandemi ini yang bisa dilakukan oleh orang tua. Berikut ulasannnya.

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mental Pada Anak Yang Bisa Dilakukan Orang Tua

  1. Dengan Membuat Jadwal yang Rutin Namun Tetap Fleksibel

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan menjadwalkan kegiatan anak anak selama masa pandemi berlangsung. Penjadwalan ini menjadi salah satu hal penting yang bisa dilakukan karena anak anak terbiasa pergi ke sekolah dan memiliki rangkaian kegiatan yang tersusun rapi. Dimana adanya guru yang mengawasi dan setiap jeda diisi dengan waktu istirahat.

Cara satu ini dapat dilakukan oleh orang tua agar menjaga kesehatan mental anak di tengah wabah ini. Untuk itu, semasa masa karantina ini peran orang tua sangatlah penting, dimana salah satunya bertugas untuk menjadwalkan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak sembari tetap mengawasinya agar tetap melakukan kegiatan di rumah. Namun, anda pun juga perlu untuk bersikap fleksibel dan juga konsisten akan struktur jadwal kegiatan yang telah dibuat.

  1. Dengan Tetap Tenang Sehingga Anak Menjadi Tenang

Di usia anak yang masih kecil, merupakan hal yang wajar ketika anak meniru apa yang dilakukan oleh orang terdekatnya, termasuk orang tua. Untuk itu, jika orang tua memiliki rasa cemas dan juga panik yang berlebihan maka nantinya anak anak pun akan menjadi peka terhadap adanya emosi negatif yang dirasakan oleh orang tua tersebut. Sehingga secara tidak langsung, anak pun akan turut merasakannya.

Hal ini tentu saja nantinya akan berpengaruh terhadap kesehatan mental anak anda. Sehingga hal yang perlu untuk dilakukan oleh orang tua ketika menghadapi virus ini adalah dengan bersikap tenang dan tidak panik. Hal ini pun dapat dilakukan dengan menghindari untuk menonton televisi maupun membaca berita terkait tentang virus corona. Hal ini tentu saja akan membuat anda bisa menjadi lebih tenang dan tidak mudah untuk panik.

  1. Dengan Berkata Jujur dan Tidak Memberikan Informasi yang Berlebihan Pada Anak

Cara satu ini pun juga bisa untuk anda lakukan sehingga anak tetap tenang dan paham dengan kondisi situasi yang sedang berlangsung. Anak anak tentu saja akan bertanya tanya mengapa ia tidak diperbolehkan untuk masuk ke sekolah selama beberapa waktu dan dibatasi untuk bertemu dengan teman sekolahnya. Ketika anda mengalami hal demikian, maka saatnya menjelaskan hal tersebut kepada anak.

Disini anda pun bisa berkata dengan jujur agar anak bisa mengerti tentang virus satu ini. Janganlah memberikan informasi yang berlebihan, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental anak. Sehingga anda pun bisa membicarakan dengan anak mengenai virus corona dan juga apa efeknya. Selain itu, anda pun juga bisa memberikan pengertian bahwa mereka akan aman dan terlindungi selama berada di rumah.

Dengan memberikan informasi yang cukup kepada anak, maka hal ini pun setidaknya akan membuat anak mengerti tentang situasi yang terjadi. Selain itu, anda sebagai orang tua merupakan contoh pertama bagi anak anda. Sehingga di dalam menghadapi penyebaran virus satu ini, anda sangat perlu untuk bersikap tenang sehingga anak anda pun nantinya akan juga bisa bersikap dengan tenang menghadapi pandemi ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp